Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Pengelolaan yang Tepat untuk Dana Desa yang Bermanfaat

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dalam memiliki banyak cara untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa. Salah satunya yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMP melalui mata kuliah Kewirausahaan telah mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui mata kuliah tersebut. Kemampuan tersebut mengarah pada kemampuan untuk menejerial, marketing, dan kepemimpinan.

Berangkat dari hal tersebut, Mahasiswa angkatan akademik 2015/2016  FEB telah mengadakan Seminar Nasional dengan tema“Mewujudkan Desa Yang Mandiri, Sejahtera Melalui Efektifitas, Efisiensi, dan Transparansi Pengelolaan Dana Desa dan BUMDes” yang bertempat di Auditorium Ukhuwah Islamiyah pada 8 Mei 2018.

 

Turut mengundang Pemerintah Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Eni Nufiatun, Ketua BUMDes Umbul Ponggok Junaedi Mulyono S.H, segenap aparatur dibeberapa desa dan mahasiswa UMP.

Koordinator Acara Arini S,E.,M.Si menyampaikan apresiasi atas keberminatan terhadap penegelolaan dana desa. Menurutnya, kemampuan mengelola sangat penting dimiliki seseorang untuk mewujudkan sistem yang baik. “Ini bukanlah kali pertama mahasiswa FEB mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola sebuah organisasi,harapannya dengan event ini dapat menumbuhkan semangat untuk berperan di masyarakat,” ungkapnya.

Dibuka oleh Wakil Rektor 2Bidang Administrasi UmumDrs. Joko Purwanto, M.Si., menyampaikan dalam pengelolaan dana desa, wawasan merupakan faktor penting untuk dapat mengorganisasi masyarakat.“Penyelenggaraan seminar dan diskusi  ini diharapkan dapat memberi solusi berbagai permasalahan yang dihadapi desa-desa dalam hal pengelolaan dana desa. Misalnya dengan mengembangkan sistem pengelolaan,” tegas Joko Purwanto.

Menurutnya dengan kemampuan mengelola yang baik maka nantinya dana desa yang dilimpahkan pemerintah dapat bermanfaaat dimasyarakat. Untuk itu kiranya perlu dicermati bersama agar dana tersebut bisa tepat sasaran.“Harapannya seminar kali memberikan kontribusi pemikiran dan menjadi rambu rambu pengelolaan serta pengembangan BUMDes,” tutupnya.(Han/Sls)

f t g m

 

 

 

Kontak Kami

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : feb@ump.ac.id

Web : http://ekonomi.ump.ac.id