Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Stocklab Workshop

Stocklab merupakan permainan edukasi pasar modal yang bertujuan untuk mempermudah calon investor mengerti dan paham tentang pasar modal melalui permainan kartu yang menarik. Pada tanggal 7 september 2017, diadakan workshop mengenai stocklab di OJK Purwokerto dengan peserta dari GISBEI FEB UMP, GENBI Bank Indonesia, KSEI IAIN, HMJM Unsoed, dan ISP Regional Purwokerto. Pengantar pertama workshop adalah materi yang diberikan dari pihak OJK seperti penjelasan tentang OJK itu sendiri dimana posisi OJK dalam pasar modal Indonesia dan potensi investasi di pasar modal Indonesia.

Read more: Stocklab Workshop

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jalin Silaturahmi dengan Wali Mahasiswa Baru

 

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis adakan acara jalin silahturahmi dengan wali mahasiswa baru, Sabtu, 22 Oktober 2016 di gedung auditorium Ukhuwah Islamiah Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Acara tersebut bermaksud untuk menjalin komunikasi antara wali dengan FEB sebagai penyelenggara pendidikan berkaitan dengan perkembangan aktifitas dan prestasi mahasiswa. Pertemuan tersebut dihadiri sekitar 600 wali mahasiswa dan segenap pimpinan dan dosen FEB.

Read more: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jalin Silaturahmi dengan Wali Mahasiswa Baru

UMP Datangkan Pakar Ekonomi Islam Dari Mesir

Kamis (1/9), Pakar Ekonomi Islam dari Mesir, Prof. Dr. Moustafa Desouki Kesba  (Guru besar Universitas Al Azhar) kunjungi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Mustofa akan memaparkan materi tentang ekonomi Islam berbarengan dengan Suryo Budi Santoso PhD, pakar Islamic Finance yang telah merampungkan studinya dari Kanazawa University Jepang. Mustofa yang juga duta besar Muhammadiyah di Mesir ini akan memberikan kuliah umum dalam International Guest Lecture di hadapan ratusan mahasiswa UMP yang berasal dari Fakultas Agama Islam (FAI) serta Fakutas Ekonomi dan Bisnis (FEB).  Dalam kesempatan tersebut, Mustofa mengajak mahasiswa agar dapat menjaga keberlangsungan ekonomi Islam demi meraih kemajuan islam di masa yang akan datang.

Read more: UMP Datangkan Pakar Ekonomi Islam Dari Mesir

UMP Ciptakan Rekor MURI Investor Saham Syariah Terbanyak

 

 

Sabtu (1/10), Museum Rekor Indonesia (MURI) anugerahi piagam penghargaan kepada Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) setelah berhasil pecahkan rekor investor saham syariah terbanyak dalam perguruan tinggi. Pemecahan rekor ini diraih setelah 2000 orang mahasiswa dan dosen UMP ikut serta sebagai pemegang saham syariah. Sebelumnya sosialisasi yang dilakukan UMP tentang saham syariah telah disambut baik oleh civitas akademika. Oleh karenanya UMP tidak hanya melibatkan civitas akademikanya sebagai pemegang saham tetapi juga membuka galeri investasi syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

                                                       

 

Read more: UMP Ciptakan Rekor MURI Investor Saham Syariah Terbanyak

Ajarkan Investasi, WR II: “Saham Syari’ah Insya Allah Halal”

 

Pengetahuan tentang pasar permodalan harus dibenamkan sejak dini kepada mahasiswa jurusan Ekonomi dan Bisnis. Pasalnya,    agar  mereka tidak terjerumus untuk menanam saham di investasi pada pasar yang tidak tepat. Selain itu, sebagai seorang muslim, aspek  kehalalan dan  keberkahan juga harus ditelaah dalam penanaman investasi di pasar modal.

 Menurut Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Drs. Joko Purwanto, Msi,mahasiswa  dapat berinvestasi di pasar modal dengan menanam saham syariah. Memilih yang syariah, kata dia, jenis usaha tersebut InsyaAllah berkah,  saat ikur  serta menanam modal di perusahaan tersebut, “Jika kita menanam saham untuk usaha yang syariah insyaAllah akan jadi halal  dan juga berkah,” katanya, dalam Sosialisasi Pentingnya Mengetahui Pasar Modal Syari’ah, yang belum lama ini terselenggara di Fakultas  Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMP.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMP, Akhmad Darmawan SE., MSi mengatakan,pengetahuan mengenai pasar  modal syariah sangat dibutuhkan saat ini, karena sekarang banyak masyarakat yang terjerumus dalam investasi pada pasar yang tidak  tepat. “Sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan sedini mungkin kepada mahasiswa mengenai investasi yang tepat,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi tersebut, FEB UMP bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (Cabang Yogyakarta) dan PT. Phintraco  Securities, mendatangkan pemateri Irfan Noor Riza, Fahmi Al Kahfi dan Rolly Sugiro. Ketiganya menjelaskan secara mendalam mengenai  pasar modal syari’ah dan investasi saham.

f t g m

 

 

 

Kontak Kami

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : feb@ump.ac.id

Web : http://ekonomi.ump.ac.id