Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Orientasi Studi dan Keakraban dan Kuliah Umum

Orientasi Studi dan Keakraban dan Kuliah Umum

“Membangun Jiwa Muda Berkarakter Entrepreneur Islam yang Berkualitas dan Berintegritas”

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FEB UMP), menyelenggarakan kegiatan Orientasi Studi dan Keakraban atau yang sering disingkat dengan OSKAR pada hari Rabu, 30 Agustus 2017 di Gedung Ukhuwah Islamiyah UMP. Kegiatan OSKAR dihadiri oleh Seluruh Pimpinan FEB, Dosen, Lembaga Mahasiswa dan mahasiswa baru. Kegiatan Oskar merupakan kegiatan untuk memberikan orientasi studi dan keakraban bagi mahasiswa baru. OSKAR tahun 2017 ini diikuti sekitar 567 mahasiswa baru dari Prodi Manajemen S1, Akuntansi S1 dan Akuntansi D3. OSKAR berisi beberapa kegiatan berupa pengenalan lembaga mahasiswa di FEB, perkenalan unsur pimpinan dan dosen UMP, termasuk juga pengenalan Pembimbing Akademik (PA). Kegiatan OSKAR juga membekali mahasiswa baru mengenai cara pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dan cara membaca Jadwal Perkuliahan.

 

OSKAR dibuka langsung oleh Dekan FEB UMP, Akhmad Darmawan S.E.,M.Si. Dalam Sambutannya, Akhmad Darmawan menyampaikan bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP, sejak tahun 2010 menerapkan suatu kurikulum yang memberikan porsi lebih banyak pada mata kuliah kewirausahaan sebanyak 12 SKS praktik. Penerapan kurikulum ini bertujuan untuk memberikan bekal lebih banyak kepada mahasiswa untuk lebih siap menjadi sarjana entrepreneur maupun menjadi pegawai professional yang memiliki karakter entrepreneurship. Untuk lebih mendukung kurikulum yang memberikan porsi lebih pada materi entrepreneurship, FEB UMP telah memiliki laboratorium Kewirausahaan yang dikomandani oleh Hardiyanto Wibowo S.E.,M.Si.,Ak.,CA, Dosen yang juga berpengalaman bisnis di bidang ritel. Selain itu, untuk menaungi bisnis mahasiswa hasil proses pembelajaran matakuliah kewirausahaan tersebut, FEB juga mendirikan sebuah Unit bisnis dengan nama PT FEBI Akademika Mulya dengan direktur utama Iwan Fakhruddin S.E.,M.Si.,Ak.,CA. Iwan juga seorang pelaku bisnis Agen penjualan beberapa produk.

Akhmad Darmawan juga menyampaikan bahwa saat ini FEB UMP telah melakukan beberapa kegiatan internasionalisasi program studi, yaitu Kerjasama Double Degree Prodi Manajemen S1 dan Akuntansi S1 dengan Dong A University Korea Selatan. Sedangkan untuk Prodi Akuntansi D3 dalam bulan September 2017 akan dilakukan penandatanganan pelaksanaan kerjasama Credit Transfer dengan Khon Khaen University Thailand. Selain itu juga dilakukan kerja sama Pertukaran Dosen dan Pelajar dengan University Pendidikan Sultan Idris Malaysia yang juga akan dilakukan pada bulan September 2017.

Saat ini, Prodi Akuntansi S1 telah terakreditasi A per bulan Juli 2017. Sedangkan Prodi Manajemen S1 dan Prodi Akuntansi D3 terakreditasi B. Prodi Manajemen S1 dan Prodi Akuntansi D3 akan mengusulkan reakreditasi pada tahun 2018 dan 2019 dengan target A.

Dalam kegiatan OSKAR kali ini juga dilakukan kuliah umum dengan mengundang pembicara tingkat nasional, Ir. H. Heppy Trenggono., M.Kom, Presiden Indonesian Islamic Business Forum (IIBF). Pada kuliah Umum kali ini mengambil tema “Membangun Jiwa Muda Berkarakter Entrepreneur Islam yang Berkualitas dan Berintegritas”. Acara ini juga dihadiri beberapa pengusaha muda di wilayah Purwokerto. Pada acara kuliah umum ini, Heppy “memprovokasi” para mahasiswa mengenai pentingnya memiliki karakter Entrepreneur. Mahasiswa FEB UMP harus punya nyali super hebat. Apalagi mahasiswa FEB UMP sebagai bagian dari Umat Islam, juga harus mampu menjawab perekenomian Indonesia. Heppy menyampaikan bahwa di Indoensia ada 4 orang yang kekayaannya sama dengan kekayaan 100 juta oang Islam. Dan hal ini sama saja sebagai “Penghinaan Logika”. Oleh karena itu, mahasiswa dan umat Islam lainnya harus bisa mengambil peran dalam pengembangan perekonomian Indonesia, termasuk mengutamakan membeli dan memakai produk Indonesia. Bukan karena harga yang lebih murah maupun kualitas yang lebih bagus. Tapi harus bangga untuk membeli dan memakai produk Indonesia. Heppy sebagai Presiden IIBF memiliki slogan “Bela dan Beli Produk Indonesia”. Heppy juga menyampaikan bahwa, inti dari seorang pengusaha adalah mampu menjual. Dan untuk membantu para pengusaha dan penjual dari kalangan muslim, masyarakat bisa membantunya dengan “Bela dan Beli Produk Indonesia”. Sebagai seorang entrepreneur Islam, harus memiliki mental dan karakter Sukses. Karena, jika seorang entrepreneur memiliki mental dan karakter sukses, jika suatu saat jatuh miskin dan bangkrut, in syaa Allah akan segera bagkit kembali. Karena saat jatuh miskin dan bangkrut hanya sekedar kehilangan harta, bukan kehilangan karakter sukses sehingga akan lebih mudah untuk bangkit lagi. Dan sebaliknya, meskipun punya banyak harta tetapi tidak punya karakter suskes, jika hartanya habis ia pasti akan jatuh dan bangkrut. Menjadi pengusaha yang butuh modal banyak hanyalah sebuah mitos. Sebagai pengusaha harus memahami Blue Print usaha yaitu Aset, Penjualan, Profit dan Kas. Selain itu, untuk membangun karakter sukses, mahasiswa juga harus memiliki dan mampu melakukan 3 (tiga) hal penting yaitu Iman dan Islam, Sering Berbuat Baik dan Tidak Malu Menjual

Di akhir kegiatan Kuliah Umum, dilakukan penandatangan MoU antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP dengan IIBF, yang secara garis besar berisi tentang kerja sama pengembangan dan penguatan karakter entreprerneur mahasiswa dan pengembangan jaringan bisnis.

(Mas IE)

f t g m

 

 

 

Kontak Kami

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : feb@ump.ac.id

Web : http://ekonomi.ump.ac.id