Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

UMP Datangkan Pakar Ekonomi Islam Dari Mesir

Kamis (1/9), Pakar Ekonomi Islam dari Mesir, Prof. Dr. Moustafa Desouki Kesba  (Guru besar Universitas Al Azhar) kunjungi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Mustofa akan memaparkan materi tentang ekonomi Islam berbarengan dengan Suryo Budi Santoso PhD, pakar Islamic Finance yang telah merampungkan studinya dari Kanazawa University Jepang. Mustofa yang juga duta besar Muhammadiyah di Mesir ini akan memberikan kuliah umum dalam International Guest Lecture di hadapan ratusan mahasiswa UMP yang berasal dari Fakultas Agama Islam (FAI) serta Fakutas Ekonomi dan Bisnis (FEB).  Dalam kesempatan tersebut, Mustofa mengajak mahasiswa agar dapat menjaga keberlangsungan ekonomi Islam demi meraih kemajuan islam di masa yang akan datang.

Terpisah, Suryo Budi Santoso PhD, dalam paparannya lebih menitikberatkan pada Islamic finance. Suryo yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Pengembangan dan Kerjasama UMP mengkomparasikan perkembangan keuangan Islam antara Indonesia dan Malaysia dalam beberapa aspek yaitu aset, money market, sukuk, publikasi syariah, transaksi dan lainnya. Suryo menerangkan, ada perbedan pendekatan antara 2 negara itu. "Jika Malaysia lebih top down maka Indonesia lebihbottom up," tuturnya. Suryo memastikan, untuk dapat mencapai kemajuan ekonomi Islam maka salah satunya harus bersandar pada keuangan Islam yang berbasis perbankan syariah.  

Senada dengan Mustofa, Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerjasama dan AIK UMP, Dr. Ns. Jebul Suroso MKep mengungkapkan, ekonomi Islam sangat dibutuhkan dalam roda kehidupan masyarakat. Menurutnya, nilai-nilai yang ada dalam Islam mencakup jawaban dari semua persoalan yang ada. Berkaitan dengan hal itu, Jebul memastikan, UMP akan senantiasa mendorong kemajuan Islam, salah satu caranya adalah dengan penyelenggaraan forum ilmiah yang mengkaji perkembangan terbaru dari dunia Islam. Jebul juga menjelaskan, untuk mendukung iklim internasionalisasi, UMP senantiasa akan mendatangkan pakar internasional.

Usai international guest lecture ini, nantinya akan mulai diinisiasi kemungkinan kerjasama yang bisa dijalin antara UMP dengan Universitas Al Azhar. Santhy Hawanti, Phd, Kepala Kantor Urusan Internasional UMP mengatakan, peran Mustofa sebagai duta besar Muhammadiyah di Mesir akan memudahkan potensi kerjasama strategis yang bisa terjalin bukan hanya dengan universitas Al Azhar tetapi juga universitas lain yang ada di Mesir, Sudan dan berbagai daerah lainnya di Timur Tengah.

 

f t g m

 

 

 

Kontak Kami

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : feb@ump.ac.id

Web : http://ekonomi.ump.ac.id